Kali ini saya akan mengajak Anda mengenal pixel lebih jauh lagi, termasuk pada tahap cara memasang pixel Facebook di web Anda. Semakin dalam kenal, makin akrab dong.
Penjualan seringkali ngga pernah terjadi di kali pertama pembeli bertransaksi dengan Anda, atau mengunjungi web / toko online Anda. Kecuali pembeli tersebut sudah akrab dengan Anda. Sisanya ? Pikir-pikir dulu, atau cari pembanding di toko lain.
Itulah kebiasaan konsumen online saat ini, semakin cerdas. Dan Anda selaku pebisnis online, sudah seharusnya memahami hal tersebut, dan mengetahui cara menghadapinya.
Yakni dengan cara follow up mereka lagi.
Salah satu teknik follow up yang bisa dilakukan melalui iklan Facebook adalah dengan cara mengiklankan kembali penawaran yang sama ( dengan bahasa berbeda ) kepada orang-orang yang sudah berkunjung ke web Anda. Mungkin Anda mengenalnya dengan istilah retargetting.
Gimana caranya ? Manfaatkan pixel Facebook.
Sederhananya, pixel adalah sebuah kode yang ditanam di dalam website Anda dengan berbagai kelebihan yang bisa Anda dapatkan, diantaranya yaitu :
1. Memantau Aktivitas User
Kode pixel bisa merekam seluruh kegiatan pengunjung yang masuk ke halaman manapun di dalam web Anda, dan melaporkannya dalam bentuk data. Hal ini berguna untuk Anda menganalisa perilaku pengunjung di web / toko online Anda.
Anda jadi tau seberapa efektif konten-konten di website Anda.
2. Melacak Data Konversi
Kalau web Anda berupa toko online, Anda bisa mendeteksi alur konversi yang terjadi. Berapa orang yang baru lihat halaman produk. Berapa orang yang sudah add to cart / masukkan order ke keranjang. Berapa orang yang sudah checkout, dan juga purchase.
Sama aja, dengan data diatas Anda bisa menganalisa perilaku calon pembeli. Anda bisa melihat pengunjung terhenti di halaman mana, sehingga diketahui penyebabnya.
3. Mengoptimalkan Iklan
Dengan kemampuan pixel menampilkan data kunjungan ke web, Anda bisa melihat data di dashboard iklan Facebook Anda. Misal, berapa banyak yang sudah klik iklan, dibandingkan dengan berapa banyak yang berhasil masuk ke halaman produk.
Kalau yang klik banyak, tapi yang masuk halaman web ternyata cuma dikit, maka kemungkinan besar web Anda lemot. Jadi banyak user yang bounce / minggat karena bosan nungguin loading web. Dan banyak lagi data yang bisa dilihat dan dianalisa.
Bahasan ini saya tulis mendalam di artikel cara membaca data iklan Facebook.
4. Melakukan Retargetting
Nah, ini salah satu tujuan penting kenapa web Anda harus dipasangi pixel. Supaya Anda bisa “menghantui” pengunjung web Anda yang kabur gitu aja tanpa melakukan pembelian. Anda bisa menargetkan mereka dengan iklan-iklan yang berbeda.
Pernah ngalamin abis buka halaman produk di Tokopedia, trus iklan produknya muncul di Facebook Anda ? Ya itu retargetting. Tokopedia memanfaatkan pixel Facebook.
Asumsinya, saat Anda sedang mengunjungi halaman produk A, berarti Anda sudah ada ketertarikan dengan produk A. Anda ngga jadi beli bisa karena banyak hal. Bisa karena kemahalan, info produk kurang lengkap, belum butuh, dan lainnya.
Tugas iklan retargetting adalah mempersuasi pembeli tersebut agar pada akhirnya mau kembali ke halaman produk A dan melakukan pembelian. Saya lupa siapa yang pernah bilang, tapi datanya 80% penjualan terjadi setelah follow up ke 5 – 8 kali !
5. Menjangkau Orang Yang Tepat
Dengan menargetkan kembali orang-orang yang sudah pernah mengunjungi halaman produk Anda, akan lebih efektif dibanding Anda terus-menerus beriklan kepada orang-orang baru yang belum tentu tertarik dengan produk tersebut. Masuk akal ? Masuk aja lah.
Jenis-Jenis Pixel Facebook
Kode pixel paling umum adalah PageView. Pixel ini ada di semua halaman web.
Untuk kebutuhan lebih dalam untuk peranan tertentu halaman-halaman web Anda, kode pixel dibagi lagi berdasarkan fungsi. Biasa disebut pixel event. Misalnya untuk halaman artikel / sales page dikasih pixel ViewContent. Halaman keranjang dikasih AddToCart.
Umumnya sih seperti yang saya jelaskan diatas. Tapi kalau Anda sudah jago nanti juga bisa mengkombinasikan pixel event di halaman manapun sesuka Anda. Saat artikel ini ditulis sudah ada 17 pixel event ( sebelumnya 9 kalo ngga salah, jadi sekarang sudah update ).
Di bawahnya event Submit Application sebenarnya masih ada satu event lagi, namanya Subscribe. Soalnya ngga cukup kalau di screenshot semua, hehe. Untuk sementara, Anda fokus pada pixel PageView dan ViewContent dulu aja, karena ini yang umum dipakai.
Cara Memasang Pixel Facebook
Di artikel sebelumnya tentang membuat Business Manager saya sudah memandu Anda untuk membuat pixel baru di dalam akun BM Anda. Udah dibuat kan ? Kalo belum buat dulu gih. Jangan melanjutkan baca artikel ini kalau Anda belum membuatnya.
Nah, disini saya akan menunjukkan cara memasang kode pixel ke dalam web Anda secara manual dan menggunakan plugin. Saya akan menunjukkannya untuk web berbasis Blogspot ( manual ) dan WordPress self-hosted ( manual & dengan plugin ).
Memasang Pixel di WordPress
1. Cara Manual
Cara ini yang saya anjurkan. Karena memasang pixel itu gampang, ngga sesulit yang Anda takutkan. Bahkan sudah banyak tema WordPress yang menyediakan fitur untuk memasang pixel dengan mudah, seperti GeneratePress yang saat ini saya pakai.
Langkah pertama : silahkan buka Facebook Anda, buka menu di kanan atas dan cari Business Manager Anda ( harusnya sih udah muncul seperti gambar di bawah ini ).
Langkah kedua : jika sudah maka Anda akan masuk ke halaman Ads Manager. Silahkan klik menu 9 titik di kiri atas >> cari Events Manager dan klik. Anda akan masuk ke halaman pixel seperti gambar di bawah ini. Klik Add New Data Source >> Facebook Pixel.
Langkah ketiga : Anda akan dihadapkan pada halaman pop up, silahkan klik Manually Install The Code Yourself. Anda masuk ke tampilan pop up baru berisi beberapa kode. Scroll pada nomor 2 seperti gambar di bawah ini.
Arahkan kursor mouse ke tengah kode dan klik, otomatis kode akan tersalin. Silahkan letakkan di notepad dulu sementara. Jika sudah klik Continue.
Langkah keempat : Anda masuk halaman pop up baru berisi 17 pixel event. Silahkan aktifkan pixel ViewContent dan matikan “send event parameters” seperti gambar di bawah. Kemudian salin kode pixel ViewContent dan letakkan di notepad. Klik Done.
Sampai di tahap ini Anda sudah selesai menyalin kode pixel yang dibutuhkan. Sekarang saatnya memasangnya di blog WordPress Anda. Silahkan login ke WP-Admin, masuk menu Appearance >> Editor seperti gambar di bawah ini.
Pada deretan file sebelah kanan cari Header.php dan klik (1), cari kode <?php wp_head(): ?> (2) dan letakkan kode pixel yang pertama Anda salin tepat dibawahnya (3).
Kemudian untuk kode pixel ViewContent fbq(‘track’, ‘ViewContent’); ( tag <script> ngga perlu disalin ) silahkan Anda sisipkan di bawah kode pixel PageView (4). Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini. Jika sudah klik Update File.
Sampai disini sudah selesai langkahnya. Gampang kan ? Di bagian akhir artikel saya akan kasih tau gimana cara cek pixel yang Anda pasang apakah sudah berfungsi atau belum.
2. Menggunakan Plugin
Facebook secara khusus menyediakan plugin untuk kebutuhan ini, plus dijelasin juga langkah-langkahnya secara detail. Langkah pertama : Di halaman pixel Anda klik View Setup Instruction seperti gambar di bawah ini.
Langkah kedua : Anda akan masuk halaman pop up berisi setup method, pilih Use an Integration or Tag Manager. Akan muncul tampilan beberapa brand partner Facebook. Scroll ke bawah dan pilih WordPress. Lihat gambar di bawah ini.
Langkah ketiga : Anda masuk halaman pop up baru yang berisi tombol download. Klik untuk download plugin Facebook Pixel untuk WordPress. Jika sudah klik Continue.
Setelah Anda klik continue ada serangkaian panduan instalasi plugin tersebut. Jadi ngga saya jelasin disini ya. Sampai pada bagian paling akhir Anda masuk halaman untuk tes pixel yang baru Anda pasang. Masukkan URL web Anda dan klik send traffic. Harusnya tulisan “no activity yet” berubah menjadi “active” dan warnanya jadi hijau.
Kalau masih belum aktif ngga usah khawatir, karena butuh waktu bagi Facebook untuk merekam datanya. Di bagian bawah nanti saya kasih tau cara cek status pixel Anda.
Memasang Pixel di Blogspot
Memasang kode pixel di Blogspot harus menggunakan cara manual, karena ngga ada plugin seperti di WordPress. Caranya juga sangat sederhana kok. Langkah pertama silahkan masuk dashboard blog Anda, klik menu Theme >> Edit Html seperti pada gambar di bawah ini.
Anda akan masuk ke halaman editor tema yang berisi kode-kode html. Sampai disini ada sedikit perbedaan langkah. Langkah kedua : Salin kode pixel yang ada di notepad tadi, lalu buka www.htmlparse.com untuk parsing kode pixel tersebut.
Masukkan aja kode pixel di kotak yang tersedia, jangan lupa sisipkan kode pixel ViewContent fbq(‘track’, ‘ViewContent’); ( tag <script> ngga perlu disalin ), kemudian klik Encode. Lihat gambar di bawah ini.
Langkah ketiga : kembali ke dashboard blogspot Anda, cari kode <head> di deretan atas kode, kemudian letakkan kode pixel yang sudah di parsing tadi tepat dibawah <head> seperti gambar di bawah ini. Jika sudah klik Save theme.
Sampai disini sudah selesai. Ngga sulit kan pasang pixel Facebook di web ? Makanya kenapa saya sarankan pakai cara manual ( untuk WordPress ) karena penggunaan banyak plugin cenderung membuat load web Anda semakin berat.
Cara Cek Status Kode Pixel
Beres memasang kode pixel Facebook di web, install extension chrome Pixel Helper. Ekstensi ini berguna untuk membaca pixel event apa yang sedang aktif di halaman web Anda.
Jika sudah terinstall akan muncul icon nya di kanan atas browser chrome Anda. Sekarang silahkan masuk web, lalu klik icon Pixel helper. Harusnya tampilannya seperti gambar ini :
Gambar diatas menunjukkan pixel PageView dan ViewContent aktif ( centang hijau ). Artinya Facebook mulai merekam data kunjungan para user ke web Anda. Siap-siap ngiklan deh.
Tapi sebelum ngiklan, Anda harus tau bahwa ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum mulai beriklan ya. Dengan begitu iklan Anda akan berjalan lebih oke nantinya.
Penutup
Fiuhhhh, panjang juga nih artikel, dan ngga tau berapa kata, soalnya di Gutenberg editor udah ngga tampil lagi jumlah kata yang biasanya ada di pojok kiri bawah, hehe.
Semoga Anda memahami panduan yang saya tulis diatas ya. Kalo ada yang ngga ngerti ya seperti biasa lah, komentar aja di bawah, insya Allah selalu saya balas kok. Anda bisa berdiskusi apapun terkait cara memasang pixel Facebook di web.
Sebelumnya terima kasih atas banyaknya postingan mas yang bisa saya jadikan panduan dalam beriklan. saya mau bertanya nih mas tapi keluar konteks dari postingan mas yg ini, gpp lah ya mas.
jadi gini mas, akun iklan saya sudah 3 hari kebelakang kenapa total spent (dari semua campaign) mentok di angka 721.855 setelah mencapai angka tersebut iklan ga jalan dan tidak spent lagi mas..padahal sebelumnya sudah bisa spent banyak dan tagihannya juga sudah sampai 7jt mas. oh ya sekedar info umur akunya baru sekitar 2 bulan jalan mas
terima kasih mas
Treshold sdh di 7 jutaan ? Menarik, saya blm pernah alami mas. Pada saat iklan mentok ga jalan, ga ada notif info apa2 ? Coba kontak support aja mas, kebetulan saya blm pernah alami, jd blm tau solusinya.
Mas bagaimana cara kita rekam event purchase yg terjadi di WA
Alur
View Konten -> klik WA (add to Cart)
Transaksi di WA
Saya ingin rekam event purchase apakah cukup dengan kasih Link halaman thankyou (purchase)
lewat wa dan customer klik link tersebut otomatis data pixel customer terekam
Mohon info nya terimakasih
Betul, bisa pakai thank you page & meletakkan pixel Purchase. Secara jumlah user terekam, tp secara data ga nyambung dengan campaign berjalan. jadi ga bisa tracking lebih dalam, misal mau tracking ROAS. Alternatifnya, bisa dengan FB Offline Conversion Leadsbridge[dot]com/blog/guides/facebook-offline-conversions/
Hallo mas, saya sudah pasang pixel dengan event funneling seperti berikut:
1. View content – LP –> Landingpress
2. Leads – tombol CTA –> loops
3. Initial checkout – Form order, dan –> Orderonline
4. Purchase – Thank u page –> Orderonline
Tapi yang terbaca di dashboard hanya No. 1 dan 2 saja,begitupun di event manager…status no. 3 & 4 aktif, bahkan kalau saya test juga tertriger, tapi data didashboard no.3 & 4 tidak muncul dan terbaca.
Kenapa ya mas, terimakasih sebelumnya
Pastikan sdh verifikasi domain di Orderonline nya, jd datanya tersambung. Silahkan tanya ke supportnya.
mas kalau pasang event AddToCart dan Purchase di blogspot gimana langkahnya dan apa yg harus diganti? trus di tanam di body atau gimana? dan untuk event pageview nya apa harus di tulis lagi atau cukup di bagian header aja. trima kasih
Mohon maaf saya blm pernah pakai Blogspot mas, jd blm bisa bantu
Hallo kang gimana caranya pasang pixel di toko talm karena saya jualan pake website tersebut..kalo di keterangan tokotalknya pasang pixel cuman copy paste id pixelnya saja tapi setelh di test trigger pixelnya lampu indicator pixelnya tetap merah . Mohon pencerahannya
Saya blm pernah pakai Tokotalk jd mohon maaf blm bisa bantu. Sdh coba tanya ke supportnya Tokotalk ?
selamat sore mas Rizki Alief Irfany,
saya mempunyai landing page dan landing page tersebut saya dapatkan dari perusahaan sebagai member perusahaan tsb, yang ingin saya tanyakan bagaimana cara tanam pixel di landing page saya tsb,
karena saya cari cari cara tanam pixel baik di internet, u tube dsb semuanya memberikan contoh tanam pixel di website atau landing page yang websitenya/landing pagenya yang dibuat melalui CMS,
demikian, terima kasih
Cara memasang pixel, ya harus punya akses ke web tersebut. Kalau webnya berbasis WordPress tinggal googling caranya banyak. Kalau webnya non CMS alias manual code, brati harus diletakkan di bagian header web. Disisipkan script pixelnya disana. Tutorialnya agak teknis, bisa cari di Stackoverflow, atau yg tergampang ya minta tlg tim IT si perusahaan tersebut utk memasangkan pixelnya.
Halo mas. Sebelumnya saya sudah pasang pixel di domain A. Kemudian, memasang lagi untuk domain B di pixel yang sama. Namun, ketika cek di sinopsis, domain B belum ke-track, bahkan setelah seminggu kemudian. Padahal ketika dicek di FB Pixel Helper, pixelnya udah aktif. Itu sebabnya apa ya? Thank you.
Hi mas, coba masukkan domain B di fitur “allow list” nya si pixel. Karena ini domain baru, bisa jadi masih dianggap asing, jd harus dimasukkan ke whitelist dulu. Buka ads manager > event manager > klik pixelnya, nah cari2 deh di bagian bawah2, ada fitur utk create allow list.
Mas…. pixel saya di blogspot kok gini “We detected event code but the pixel has not activated for this event, so no information was sent to Facebook. This could be due to an error in the code, but could also occur if the pixel fires on a dynamic event such as a button click”. padahal sudah mengikuti tutorialnya. solusinya bagaimana mas ?
Hi mas, bisa jd ada yg kurang tepat dlm pemasangannya, sehingga pixel event tdk fired dengan baik. Tapi mohon maaf saya kurang pengalaman dengan Blogspot, blm pernah pakai soalnya. Jadi blm ada bayangan kenapa muncul error seperti itu.
mas, bedanya pixel page view dan view konten apa ya mas..
soalnya landing page ku cuma satu halaman jualan perumahan properti, terus atc nya diarahkan ke wa, pixel dasar aja, cuma page view doang.
terima kasih
Sama saja kok. Umumnya PageView itu semua halaman, ga peduli apapun jenis halamannya ( halaman konten, halaman search, kategori, dll ). ViewContent itu diletakkan di halaman yg berisi konten yg perlu dibaca oleh orang. Jadi kalau cuma 1 halaman saja, yasudah pasang PageView dan ViewContent.
Terima kasih mas Alief sebelumnya, Info tentang FB Ads secara rinci baru saya dapatkan di blog ini.
Saya baru mulai coba2 menjalankan FB ads selama 1 minggu dengan budget harian 50K dengan metode Objective Conv ATC, tapi kenapa di hasil data/matriks di kolom Result Dan CPR nya kosong, kira2 dimana miss nya untuk settingan iklan saya itu mas?
Sami2 mas, thanks sudah berkenan mampir dan membaca.
Kemungkinannya 2, memang blm ada yg ATC, atau pixel ATC mas blm terpasang dengan benar di web.
Oiya mas..kalau saya mau leads nya lgsg saya arahkan ke marketplace (shopee) sebaiknya iklannya kita gunakan yang mana?
Traffic, Convertion atau apa?
Terima kasih
Beriklan pakai duit sendiri, tp diarahkan ke rumah orang ( Marketplace ), menurut saya sayang. Walaupun diarahkannya ke toko kita, tetap aja potensi ga jadi beli itu besar. Dan kalau ga jadi beli, kita ga bisa track datanya, karna itu rumah orang, web orang, ga bisa dipasang pixel kita.
Objective pakai yg mana ? Coba dipelajari lg fungsi objective campaign, ada artikelnya di blog ini. Jadi lebih terbayang, harus pakai yg mana, karna sdh tau fungsinya.
Tapi saya arahkan masuk ke LP dulu, button ATC nya yg sebelumnya saya arahkan ke WA nah sekarang saya setting ke Marketplace..
Jadi pixelnya masih bisa terbaca mas.
Untuk objective camp nya nnti coba saya baca2 lagi ya mas
Sipp mas.
Maaf mau tanya , untuk pemasangan event pada blogspot, kalau contoh diatas hanya pageview dan viewcontent , apakah bisa disisipkan lagi seperti addtochart dan purchse ?
Dan bagaimana mensisipkannya , apakah digabung jadi seperti ini :
Pageview
Viewcontent
Addtochart
Purchase
Terimakasih.
Hi mas, saya sudah jawab di komentar sebelumnya yaa
Halo mas Rizky..terima kasih banyak atas bimbingan2nya. Melalui tulisan mas Rizki, saya yang emak emak jadi bisa mengikuti..
Oh ya mas, saya ada 1 kesulitan,,mencari kode pixel yang sudah tertanam di web sebelumnya.
Saya cari cari di bussiness manager hanya nemu ID pixelnya. Namun saya tidak ketemu kode2nya. Boleh info mas, dimana saya bisa nemunya?
Baca artikel saya yg judulnya “cara memasang kode pixel”
Mas rizki maaf saya mau tanya , untuk contoh website berbasis blogspot seperti contoh diatas , itu kan dipasang event page view dan view content. Kalau saya mau tambah event add to chart dan purchase , gimana caranya ?
Terimakasi
Mohon maaf kurang tau mas, saya blm pernah setup event di Blogspot selain event standard PV dan VC.
kalau kita pasang event pixel add to chart tapi si pembeli belum pencet tombol submit.. apakah itu terekam data pixel nya.. pixel yang digunakan event untuk button atau event utk url
Tombol submit yg dimaksud itu apa ? Apakah setelah isi form order, lalu klik submit ?
Lalu pixel ATC dipasang di tombol mana ? Di tombol submit itu, atau di tombol “order” utk masuk ke form ?
klu tidak punya LP/WEB, apakah bisa menggunakan pixel?
demikiian, trima kasih
Singkatnya tidak. Fungsinya pixel itu utk melacak kunjungan ke web.
Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh Mas Rizki
Mau nanya mas,
1. Saya buat iklan, link kliknya sekitar 13-17an tapi yang real masuk ke Whatsapp cuman 1 mas.
2. Apakah bagusnya saya buat iklan yang ke landingpage dulu atau langsung direct ke WA ya mas?
3. Menurut pengalaman mas, bagusnya CA itu ambil dari page, Instagram atau Landing page mas? Kebetulan semua medsos masih baru buat. Termasuk Landing page.
4. Hasil maksimal CPC, CTR itu berapa sih mas?
5. Kebetulan saya sales mobil, dan yang pasangin pixel saya itu vendor, dan saya liat si vendor itu pasang pixel saya lebih dari 1 web, dan bukan hny website saya. Ada juga LP orang lain dipasangin pixel saya mas.. kira kira itu menguntungkan utk saya atau malah merugikan gak ya?
6. Saya sudah habis beriklan sekitar 1.4jt mas, cuman hasil orang yang masuk ke WA saya sangat sedikit. Ada advice gak mas?
Wa’alaikumsalam,
1 dan 2 => Iklan > LP > WA = Orang lihat iklan, diantar ke toko ( LP ) utk lihat2 barang, baca deskripsi, baru diarahkan beli ( WA ). Kalau iklan ke WA, sama dengan nawarin orang barang, langsung ditodong diarahkan ke kasir ( WA ), blm juga lihat2. Kira2 bagus mana ?
3. Semua sumber data yang bisa dijadikan CA saya pakai. Jadi tdk ada yg paling bagus dan paling buruk.
4. Tidak ada maksimal, patokan setiap bisnis berbeda2, seiring seringnya beriklan akan tau sendiri berapa patokan idealnya. Karena CPC jg berkaitan ke metriks2 di belakangnya, seperti LP View, lanjut ke ATC, lanjut ke Pur ( tergantung alur bisnisnya ). Jadi dihitungnya secara keseluruhan.
Kalau CPC super mahal misal 3 ribu ( padahal lihat teman2 cuma 600an ) tapi alur ke belakangnya sampai sales ternyata profit. Maka sah2 saja kan ? Apalagi jualannya mobil, yang harganya ratusan juta. Saya juga jualan produk mahal harga puluhan jg, ga pernah pedulikan, CPC dan cost lainnya. Fokus aja ke leads masuk dan sales.
Kalau CTR idealnya diatas 1% sdh bagus konten iklannya.
5. Merugikan.
6. Saya ga bisa kasih advice. Budget iklan dan leads WA itu ga ada korelasinya. harus di breakdown lebih detail. Ngiklan segitu utk ngiklanin konten apa ? Pakai objective apa ? Strategi funnelnya ( kalau pakai ) gmn ? Alurnya gmn ? Sdh baca data blm, data yg anjlok di tahap mana ?
Terima kasih banyak mas udah dibalas.. sukses selalu dan tambah banyak serta berkah rejekinya.
Sami-sami, aamiin Allahumma aamiin terimakasih atas doanya ya.
Hallo mas Rizki, Sebelum nya saya sempat membaca tentang pixel sekarang yang menggunakan konfersi Api / Api Conversion..
Masalah nya saya kurang paham dengan kodingan nya, apa mas Rizki sudah pernah mencoba sebelumnya..
Terimaksih mas saya tunggu jawaban nya
Pertanyaan menarik mas. Benar sekarang sudah bisa tracking dari sisi server agar hasilnya lebih akurat. Kebetulan saya belum menerapkannya, jadi belum tau.
mas mau nanya,
sy sudah pasang kode piksel dasar, tapi pada saat melihat hasil iklan kolom leads itu tidak terbaca knp ya? padahal sudah saya setting (add event -> from the piksel -> event lead di WA landing page)
sebelumnya sy bikin landing page untuk closinganya di WA, WAnya di kasih event leads tp tidak terbaca di pelaporan hasil iklan kolom leads
Boleh saya tau, bagaimana cara mas meletakkan pixel Lead di WA ?
Hal yg sy lakukan
Klik pengelola peristiwa – add event – from the pixel – buka fitur peristiwa – masukan URL situs – buka situs web – lacak tombol baru – pilih prospek – disimpan di kolom WA – selesaikan penyiapan – selesai
Itu pakai fitur otomatis ya. Saya blm ada pengalaman pakai fitur itu. Saya biasa pasang manual lewat Google Tag Manager, atau bikin link WA yg sdh tertanam pixel di pesan[dot]link, baru link barunya diletakkan di web kita.
Mas Alief, sy kan menggunakan blogger. Untuk pemasangan pixel call to action semisal lead seperti apa ya caranya?
Mohon maaf mas saya blm ada pengalaman di Blogger. Mungkin bisa gugling dengan keyword “cara pasang pixel di tombol web blogspot” atau yg seputar itu.
mas mau tanya, apakah bisa membuat pixel baru di dalam satu BM? saya cari2 kok gak ketemu ya?
Bisa kok, di menu Data Sources > Pixels. Di BM Settings
Asalamualaikum mas alief
Saya masih belum menemukan wining campaign, dan sudah mencoba berbagai audience, artinya pixel juga mencatat semua audience yang belum tepat tersebut (koreksi jika saya salah).
apakah saya harus mengganti pixel lagi?
Dikhawatirkan jika saya sudah mendapatkan audience yang tepat dan akan membuat LLA Viewcontent atau ATC masih terbawa data audience yang kurang tepat tersebut
Wa’alaikumsalam,
Tidak perlu ganti, jalankan saja terus mas.
Bisa jd audience tdk salah, bisa jd konten iklannya kurang optimal, bisa jd dari sales letter LP kurang persuasif. Winning campaign bagi saya adalah yg menghasilkan profit. Jadi semua elemen berkaitan, ngga cuma soal targetting audience aja.
ok baik mas. Terima kasih
Saya ijin bertanya lagi, mungkin agak melenceng dari tema.
Saya menggunakan LP dengan 3 product sekaligus walaupun masih satu tema/niche yang sama, hanya berbeda model dan spesifikasi,
Menurut mas alief Apakah sebaiknya di pisahkan di LP yang berbeda saja?
3 produk disatukan di 1 LP ? Baiknya dipisah. Terserah pisah halaman saja blh, pisah domain sekalian jg blh.
Mas, kalo pasang 2 pixel berbeda niche di domain yang sama tapi beda page apakah bisa?
Tergantung fitur theme nya. Saya pakai GeneratePress, bisa, karena ada fitur element hook. Kalau via plugin kayaknya blm ada yg punya fitur itu. Opsi lain, pasang manual di header masing2 page tersebut.
Terima Kasih Sharing Ilmunya … sangat bermanfaat buat kami.
Terkait dengan PIXEL, ada beberapa pertanyaan nih mas:
1. Apakah menggunakan PixelYourSite plugin dapat membantu Untuk theme wordpress yg kurang mendukung pemasangan pixel ?? atau sebaiknya ganti tema saja? sebab saat ini dilema, mau pasang pixel utk purchase / add to cart/ lead , tidak tersedia di tema nya, mau anti tema sudah terlanjur dibangun di tema tersebut ….
2. Ada saran lain utk pembuatan Landing Page yg mendukung pemasangan pixel optimal selain menggunakan Tema LandingPress?? sebab saya lihat home page utk tema LandingPress kurang menarik utk website kuliner seperti saya … atau sy yg kurang optimal berkreasi di LandingPress nya yah ?? (mungkin bisa diberi Contohnya live website kuliner menggunakan tema LandingPress).. terima kasih sebelumnya
3. Saya sudah lihat untuk cara pemasangan manual pixel pada header nya, apakah cara manual bisa diterapkan utk pemasangan pixel purchase pada tombol Call To Action ?? … mohon diberi penjelasan caranya jika memang memungkinkan.
Maaf belum kenalan udah banyak nanya…. hehehe … saya Dhani mas … baru mau jalan di internet … sekali terima kasih atas sharing ilmunya
Salam kenal mas.
1. Sudah cukup pakai pixel tersebut. Btw utk LandingPress bukannya bawaannya sdh tersedia fitur utk pasang pixel ?
2. Kalau konteksnya utk kebutuhan fitur pemasangan pixel, pakai plugin PixelYourSite sudah cukup. Kalau fitur bawaan theme, LandingPress kan sdh ada. GeneratePress jg ada, saat ini saya pakai. Terkait homepage bawaan kurang menarik, ya bukan salah theme. Salah kita pemilik web nya kenapa tdk bikin yg menarik ? Tinggal bikin pakai Elementor, mau bentuk apapun bisa.
3. Pemasangan pada tombol tdk bisa dilakukan manual, jarang theme yg support. Saya ngga tau LandingPress ada fiturnya atau ngga. Plugin PixelYourSite jg saya lupa bisa atau ngga. Kalau saya pakainya Google Tag Manager, bisa pasang di tombol.
Opsi lain, setelah klik tombol kan masuk thank you page, kenapa pixel purchase ngga ditaroh di halaman itu aja ? Daripada pusing mikirin cara meletakkan di tombol. Saya ga tau tombol apa yg mas maksud, tp kalau mau ditanam pixel purchase, saya asumsikan itu tombol konfirmasi pembayaran, setelah klik submit pasti redirect ke thank you page umumnya.
siang mas arif permisi saya mau tanya mas, saya sudah tanam pixel di website saya tetapi saya lihat di pixel aktivitasnya ada tulisan “Data Khusus Tidak Ditampilkan
Parameter dan URL referensi Anda ditampilkan sebagai _removed_. Data ini tidak digunakan untuk membuat Pemirsa Khusus dan konversi khusus sehingga iklan Anda tidak akan terpengaruh.” saya pakai 2 web hasilnya sama juga mas seperti itu, itu kenapa ya mas? cara memperbaikinya seperti apa mas?
Pasang pixelnya pakai plugin apa ? Atau pakai cara bagaimana ?
cara untuk melihat plugin yang dipakai untuk memasang pixel bagaimana mas?
Maksudnya ?
Perkenalkan mas rizki saya rasyid
mas mau bertanya
ketika saya sudah menanam kode pixel dan sudah saya jalankan kemudian saya lihat hasilnya di pixel – Lihat detail – aktifitas ada tulisan “Data Khusus Tidak Ditampilkan
Parameter dan URL referensi Anda ditampilkan sebagai _removed_. Data ini tidak digunakan untuk membuat Pemirsa Khusus dan konversi khusus sehingga iklan Anda tidak akan terpengaruh”. ini kenapa ya mas mohon penjelasannya mas? apakah data tetap terekam dan bisa digunakan untuk untuk custom customer untuk retargeting nnti?
terimakasih mas
Sudah bermain dengan parameter dan URL reference ? Kalau belum, abaikan saja. Pixel tetap bisa berfungsi normal
untuk retargeting pemirsa tetap bisa berati ya mas? oiya sebenarnya saya juga belum paham mas fungsi parameter dan url reference itu untuk apa, itu untuk apa ya mas funsinya?
Iya tetap bisa. Fungsinya utk penanda yang lebih detail, sehingga memudahkan proses tracking datanya.
Misalnya, pixel event Purchase dikasih value berupa harga jual produk, jd bisa hitung ROAS, ROI, bisa dibuat LTV audience, dan manfaat lainnya.
Mas bisa gak 2 pixel FB ads dalam 1 landing , bagus atau tidak ?
Ke 2 punya saya banyak pembeli an tapi gak ada yang masuk wa sama sekali mas gimana solusinya terimakasih.
2 pixel dalam 1 halaman ? Bisa.
Bagus / tidak ? Ya tergantung, emang tujuan pasang 2 ID pixel utk apa ?
Banyak pembelian tapi ga ada yg masuk WA ? Lha terus belinya kemana ? Banyak yg beli bagus dong ? Mohon dijelaskan secara detail mas. Saya tdk bisa menerawang masalah.
Mungkin maksudnya banyak yg link klik tapi yg masuk ke whatsapp cuman sedikit.. contoh link klik 13 tapi yg masuk ke WA cuman 1
Benar begitu.
Mas saya sudah pasang pixel dan semua event sudah ter trigger kalo baca nya di dashbord pixel tapi saya bingung nih mas ko di dashbord Ads manager saya tidak ter trigger alhasil ngeblank aja gtu .
Kira2 kenapa yah mas?
Soalnya saya juga curiga ATC saya sampe 70 an kalo di dashbord pixel tpi wa real 0 .
Terimakasih yah mas
Yang blank pixel apa mas ?
Kalau ATC 70 tapi real WA 0 coba ganti greetings message di WA nya. Atau coba targetting placement mobile aja.
Mas kalau saya punya 2 website satunya wordpress satunya blogspot.
Apakah bisa 1 pixel dipakai untuk 2 website itu?
Atau harus buat pixel baru?
Atau harus buat akun FB baru?
Satu pixel bisa dipakai di banyak website. Tinggal diletakkan saja kodenya kan di dalam web tersebut.
Mas ini cara membuat untuk pasang pixel full satu web ya? kalau per page gimana yang pasang code itu?
Pakai plugin Pixel Your Site aja.
Di beberapa video tutorial, saat edit landing page suatu web, fitur customize pixel event bisa tampil. Sementara di saya, saat edit page tidak bisa keluar tampilan customize pixel event-nya ya, mas?
Karena settingan template dari sananya atau harus pasang sendiri dengan pluggin Pixel Your Site ?
Terimakasih
Ini bicara di dalem WordPressnya ? Ya wajar kalau beda-beda. Beda theme kan beda fitur. Ada yg sdh include fitur, ada yg butuh bantuan plugin lagi.
Assalamualaikum,
mas mau nanya, saya kemarin buat landingpage (promotoko.online) sebulan awal masih bisa dipake ,tapi setelah bulan kedua pas saya masukin alamat webstie pada halaman pembuatan iklan muncul tulisan (Preview Not Available: Unable to display a preview of this ad.) dan ketika saya publish masuknya ke draft (tidak masuk preview oleh fb).
saya juga sudah menyingkat alamat (promotoko.online) saya ke bit.ly tapi ketika sudah di approve iklan saya tidak berjalan (tidak mengambil budget iklan).
yang ingin saya tanyakan :
1. kira kira masalahnya dimana ya mas landing page saya?apakah karena domainya (.online) yang saya gunakan ?apakah saya harus ganti domain (.com) apakah ada masalah lain di LP saya? mohon ketersediaanya dicek mas
2. bagaimana penyelesaian masalahnya apabila masalahnya apabila memang masalahnya ada di domain (.online) saya apabila ada masalah lain yang mungkin melanggar ketentuan beriklan di fb
terima kasih
Wa’alaikumsalam mas,
1. Mungkin bisa jadi karena ekstensi domainnya tidak umum digunakan, jd dianggap FB URL nya berbahaya. Ini mungkin ya, saya blm pernah alami soalnya.
2. Yap, setau saya jika domain sudah di blokir Fb, mending ganti kalau masih bisa ganti. Ada beberapa cara utk appeal, tp beberapa teman blg prosesnya sulit berhasil.
Kalau saya pribadi kebetulan blm pernah alami mas.
Mas kalo untuk di pasang di link chekout via wa bisa gak ya… saya punya LP blogspot.
Mohon bimbingannya masih belajar
Kalau ditanya apakah bisa / ngga ? Jawabannya bisa, tergantung theme yg dipakai support atau ngga ( kalau WordPress ). Kalau Blogspot mohon maaf saya kurang tau, blm pernah pasang pixel di Blogspot. Web saya jg ngga ada yg pakai Blogspot, jd saya minim pengalaman disana.
untuk thema yang support di wordpress apa bang mohon info nya ?
Bisa coba landingpress.
mas maaf saya mau tanya ,
di web saya sudah terpasang pixel page view dan view content , dengan cara menyisipkan view content dibawah track page view menggunakan plugin insert headers and footers.
terus saya mau pasang lagi pixel add to cart , check out dan purchase.
itu caranya gimana ?.
tetapi saya menggunakan bantuan plugin insert headers and footers.
terimakasih
Plugin tersebut hanya untuk insert script saja di header & footer. Utk pasang pixel bisa pakai plugin PixelYourSite
kalau kode pikel sudah di pasang di blogspot, tapi masih warna merah. solusinya?
Solusinya diperbaiki & di cek apa yg salah dari proses pemasangannya mas.
Mantaf nih materinya, daging 😀
Salam kenal Kang Alief.
Kan kata Akang ada 17 Pixel Event, nah itu apa bisa dipasang bersamaan atau harus dipasang satu-satu?
Ane udah masang, yang muncul baru pageview nya aja. Apa harus dipasang yang lainnya satu-satu?
Salam kenal kang Rifki,
Setiap pixel event punya tujuan & fungsi masing-masing, jd brp event yg harus dipasang ? Ya tergantung kebutuhan di webnya. Misalnya saya punya web dengan alur :
Pembeli masuk landing page ( ViewContent ) >> Klik beli dan masuk halaman form order ( AddToCart ) >> Submit form & masuk halaman Thank You ( Purchase ).
Artinya saya akan pasang 3 pixel event.
Salam Kenal Pak Alief,
Saya mau tanya, kalau saya ada 3 landing page dengan range harga yang berbeda, kalau pakai pixel yang berbeda bisa ngga yah?
Salam kenal mba. Kalau hanya ditanya bisa atau tidak, bisa-bisa aja. Tinggal theme yg digunakan apakah mendukung fitur utk memasukkan 3 ID Pixel berbeda atau ngga. Kalau dimasukkan manual agak tricky soalnya, cukup kompleks langkahnya.
Siang Mas, Perkenalkan saya Aris dari Depok
Sya tergolong masih baru di Dunia FB ads.. Sebelumnya saya pernah beriklan satu produk 1 Campaign, 1 adset, 3 ads dengan menggunakan CBO.. Yang saya ingin tanyakan..
1. Pada saat sya memakai dashboard dengan beberapa metriks, kenapa ya tidak mucul hasil dari metriks yang saya pakai? Tidak ada angka hanya ada tanda strip padahal saya sudah menjalankan iklan beberapa hari..
2. Praktik mana yang lebih baik dengan split test di bagian campaign dengan beberapa interest yang berbeda atau split test dibagian ads?
Terima Kasih OM atas tanggapannya..
Salam kenal mas Aris,
1. Boleh diperjelas, metriks apa yg tidak muncul ? Dan apakah sudah dipastikan di dalam website sudah terpasang pixel event yg sesuai dengan metriks event di dashboard ? Kalau tidak terpasang benar, pasti metriks ngga muncul.
2. Keduanya baik mas, tergantung kebutuhan. Kalau blm tau targetting, ya berarti split test Adset dengan beberapa interest berbeda. Kalau terkait Ads saya sarankan selalu buat minimal 3 Ads di setiap Adset, baik itu dalam rangka split test atau tidak. Agar audience tidak cepat jenuh kalau Ads cuma 1.
mas, kemarin sudah coba pasang pixel pakai wordpress dan berhasil, lalu setelah beberapa hari, kenapa pageview dan viewcontent ada logo segitiga tanda seru warna kuning mas ?
Tulisan warningnya apa ? Sudah clear cache ? Pasang pixel pakai cara yg bagaimana ?
Bang, kalo status pixel sudah aktif tapi di pexel helper ada tanda warning itu gimana ya bang?
Coba clear cache browser bang. Atau copot dulu kodenya, lalu pasang ulang.
bang saya mau nanya, kalau saya update custom audience(berupa nomor hp pelanggan misal), apakah lookalike juga otomatis keupdate?
Yap, ikut ter-update otomatis mas.
Siang Mas alief,
Mas saya cek pixel saya di web menggunakan pixel helper, itu hanya ada Page view dan Microdata automatically detected. View Content nya gga ada.
Ini efeknya akan gimana ya mas alief ke ads yang akan kita buat nanti?
Apakah data yang akan dianalisis nanti bakal menjadi tidak efektif?
Jika iya, apakah saya bisa menambahkan pilihan view content ini pada pixel yang sudah dibuat dan tertanam? atau saya harus membuat pixel baru lagi dari scratch?
Apakah memungkinkan juga untuk terjadi error pada pixel yang sudah tertanam ini? Misal belum terkoneksi dengan baik dll.
FYI Saya menggunakan pihak ketiga dalam pembuatan web nya, jadi ada beberapa akses yang saya tidak bisa akses sendiri.
Siang juga mas,
Kalau sekedar untuk jalannya iklan tidak berpengaruh. Tapi kalau sudah menerapkan funneling, sudah mulai memanfaatkan audience dari Pixel, sudah mulai menggunakan objective campaign Conversion, maka keberadaan ViewContent sangat penting.
Ngga perlu buat pixel baru, cukup masukkan saja ViewContent ke pixel yang sudah ada.
Error ? Selama di Pixel Helper ceklis hijau artinya pixel sudah bekerja dengan normal.
Selesai klik submit, masuk halaman terima kasih ( Purchase ).
cara masukan add purcashe di wordpress ? terimakasih
Tergantung tema WordPress yg dipakai, biasanya sudah menyediakan fitur yg berbeda-beda utk memasukkan pixel.
Hai, Pak
Bagaimana kalau traffic, trus saya arahkan ke instagram. Apakah pixel harus ditambahkan pada tombol (Learn more)?
Karena kalau tidak ada tambahan url, (langsung ke IG). Tidak ada tracking.
oh ya, Duplikat iklan itu bagaimana ya, Pak? dan kapan harus memakainya?
Terima kasih banyak.
Mohon maaf saya kurang paham pertanyaannya. Beriklan tapi kok diarahkan ke Instagram ? Ada jg iklan dari Instagram lalu diarahkan ke web biasanya.
Duplikat iklan bisa dilakukan saat menemukan Adset dengan performa yang oke. Saya jarang melakukannya.
Bagaimana caranya pasang pixel event lead di tombol link di Bio Instagram, pak?
Terima kasih banyak
Secara default ngga bisa. Harus pakai bantuan pihak ketiga untuk membuat link yang bisa ditanam pixel, seperti tool Orderlink misalnya. Baru link yang sudah dibuat diletakkan di bio Instagram.