Aplikasi Favorit di Laptop & HP

Teknologi semakin canggih. Dan perubahan itu berdampak kepada kebiasaan dalam beraktivitas. Termasuk dalam hal ini kebiasaan saya.

Pada akhirnya, saya semakin banyak melibatkan peran teknologi di dalam aktivitas sehari-hari. Tujuannya jelas, untuk mempermudah kerjaan.

Saya akan coba ulas beberapa aplikasi favorit yang paling sering saya pakai, baik yang berada di laptop / hp, karena fungsinya yang sangat berguna.

Urutannya acak ya, seingat saya aja. Jadi bukan berdasarkan kriteria tertentu.

1. Authenticator

Gunanya untuk menyimpan 6 kode yang berubah otomatis secara berkala. Semua akun digital saya selalu ditambahkan Two-Factor Authentication ( 2FA ).

Jadi saat akan login dan membutuhkan 6 kode tersebut, saya tinggal buka dari aplikasi generator ini. Kalau dulu kan biasanya kodenya di kirim ke sms / email.

2. Mobile Banking

Dulu masih sering pakai internet banking, dengan token yang selalu di bawa-bawa untuk transfer uang. Sekarang semuanya jadi lebih mudah pakai mBanking.

Apalagi Jenius, sangat memudahkan saya untuk transaksi online yang butuh kartu kredit, seperti bayar tagihan Facebook Ads, bayar subscription theme / plugin.

3. Google Calendar

Semua rencana janjian sama orang, acara-acara kerjaan, keluarga, maupun pribadi sama masukkan ke sini, jadi saya bisa melihat keseluruhan.

Setiap saya pesan tiket kereta & hotel di Traveloka pun jadwalnya otomatis masuk ke Google Calendar. Jadi memudahkan manajemen waktu.

4. Digital Wallet

Sekarang jamannya cashless bro. Jadi saya pakai Ovo untuk ojek online & beberapa transaksi lain, plus DANA untuk beli tiket bioskop di Tix.

5. Google Drive

Semua kerjaan saya yang berhubungan dengan file digital terkumpul rapi disini, terintegrasi di laptop dan hp. Saya juga upgrade space yang 100 Gb.

6. Evernote

Aplikasi yang membantu saya untuk mencatat banyak hal, termasuk ide-ide tulisan yang suka muncul tiba-tiba. Evernote adalah buku catatan digital saya.

Bahkan To Do List harian juga saya simpan disini. Jadi saya bisa tau apa aja kegiatan saya hari ini, besok, sampai sebulan ke depan. Semua tersusun rapi.

7. Gearzoo

Sedikit ngga umum, ini adalah aplikasi untuk menulis daftar peralatan mendaki gunung, sekaligus menghitung berat per itemnya. Beberapa waktu terakhir saya “hijrah” ke konsep Ultralight hiking. Jadi semua peralatan selalu saya timbang.

8. SERPMojo

Aplikasi keren untuk memantau pergerakan peringkat keyword-keyword di seluruh blog pribadi saya. Saya juga bisa melihat history pergerakan peringkat untuk keyword tertentu saja. Saya pakai versi Pro agar bebas iklan.

9. Subby

Aplikasi keren untuk mengingatkan saya jadwal membayar tagihan-tagihan, seperti perpanjang domain, hosting, lisensi theme / plugin, subscription Google Drive, Spotify, dan banyak lagi.

Saya tinggal masukkan detailnya, dan atur reminder untuk harian, mingguan, bulanan, atau tahunan. Jadi ngga ada lagi cerita telat bayar tagihan karena lupa.

10. Trello

Aplikasi kerja untuk membantu saya berkoordinasi dengan semua tim Cilsy. Saya membuat card-card untuk update To Do List pekerjaan harian disini.

11. Skype & Zoom

Paling sering dipakai untuk kebutuhan meeting internal team Cilsy, mengingat aktivitas kita di depan laptop, dan seringkali kerja remote entah dimana.

12. Spotify

Dulu, saya rajin download lagu-lagu favorit dan dikumpulkan hingga jumlahnya ratusan. Sekarang saya search satu per satu lagu tersebut di Spotify dan menyimpannya di album yang saya buat sendiri. Search aja nama albumnya Evergreen by Rizki Alief Irfany. Barangkali selera musik kita sama, hehe.

Selain lagu, saya juga paling sering pakai Spotify untuk dengerin podcast.

13. Lightspot

Aplikasi untuk kebutuhan screenshoot objek gambar tertentu di layar laptop.

14. Thunderbird

Aplikasi untuk membuka email di satu dashboard. Terutama untuk email kerjaan yang jumlahnya banyak, semua saya satukan disini agar mudah di cek.

Itulah beberapa aplikasi yang saya pakai untuk menunjang keseharian saya, terutama saat bekerja dan manajemen waktu dan aktivitas.

Ada masukan aplikasi keren + berguna yang biasa Anda pakai ? Share dong di komentar, biar saya coba. Kalau oke akan saya tambahkan ke tulisan ini.

Anda Mau Berkomentar ?