Setelah Anda belajar dan mengenal beberapa jenis campaign pada artikel sebelumnya, kali ini saya akan membahas secara khusus tentang 3 jenis audience Facebook ads yang bisa Anda manfaatkan sebagai target iklan produk / jasa Anda.
Audience yang dimaksud disini adalah para pengguna Facebook di seluruh dunia dengan berbagai minat, karakter, kebiasaan, dan perbedaan lainnya. Dan Anda sebagai orang yang akan beriklan, sudah seharusnya untuk menemukan kelompok audience yang paling cocok.
Pengaturan spesifik tentang audience bisa Anda temukan di bagian Adset. Anda dibebaskan untuk menentukan target audience iklan Anda berdasarkan usia, lokasi, minat ( Interest ), perilaku ( Behaviour ) dan demografi ( Demographics ) dengan sangat detail.
Hingga saat ini, Facebook ads adalah salah satu platform beriklan yang sangat powerfull, karena memungkinkan Anda untuk beriklan ke target audience yang sangat spesifik sekalipun. Sebagai contoh, Anda bisa menjangkau jenis audience seperti :
- Orang – orang yang berulang tahun di bulan tertentu
- Orang – orang yang baru mendapat pekerjaan
- Orang – orang yang baru menikah
- Orang – orang yang baru pindah rumah
- Orangtua yang memiliki anak usia tertentu
Dan masih banyak lagi data melimpah yang disediakan oleh Facebook untuk para Advertiser seperti saya dan Anda. Sehingga Anda bisa bebas berkreasi untuk menentukan angle penawaran iklan terbaik untuk target audience yang sedang di bidik.
Berbeda sudut pandang penawaran, tentu akan berbeda hasilnya.
Ada 3 jenis audience Facebook Ads yang bisa Anda manfaatkan untuk target iklan Anda :
- Saved audience
- Custom audience
- Lookalike audience
Saya akan membahasnya satu persatu.
Jenis Audience Facebook Ads
1. Saved Audience
Sering disebut Broad audience, atau audience yang luas, belum tertarget. Jenis audience ini terbentuk dari komposisi detailed targetting yang Anda buat secara manual di Adset.
Saat membuat sebuah target dengan menggunakan broad audience, Anda harus bisa mengira-ngira jenis audience seperti apa yang sekiranya cocok untuk iklan produk / jasa yang akan ditawarkan. Ini adalah langkah menentukan target audience yang paling awal ketika Anda pertama kali beriklan dan belum punya data apapun sebelumnya.
Anda harus bisa mengira-ngira berapa usia target market Anda, dimana tempat tinggalnya, apa saja kesukaannya, apa status pernikahannya, apa jenis pekerjaannya, apa hobinya, apa level pendidikannya, dan masih banyak lagi yang bisa Anda atur di bagian Adset.
Tenang aja, Anda cukup memahami konsepnya disini. Nanti ada artikel khusus yang akan memandu Anda cara setup Adset pertama kali. Namun dasarnya harus Anda pahami.
Semakin spesifik Anda membuat detailed targetting, semakin besar pula peluang untuk mendapatkan hasil iklan sesuai yang diharapkan. Tips untuk menemukan komposisi saved audience terbaik adalah dengan melakukan split test Adset.
Buat beberapa kelompok audience yang berbeda di setiap Adset, lalu iklankan bersamaan. Analisa datanya untuk mendapatkan komposisi yang terbaik, berdasarkan goal yang Anda mau ( berdasarkan jumlah komentar, jumlah klik link, atau jumlah pembelian, dll ).
Sudah terbayang apa itu saved audience ?
2. Custom Audience
Kalau Anda sudah sering beriklan menggunakan saved audience, lambat laun Anda akan memiliki data. Entah itu kumpulan email pelanggan, nomor hp, atau database pixel yang terekam di website Anda ( kalau Anda belum paham pixel abaikan saja dulu ).
Dari data-data tersebut, Anda bisa mengkonversinya menjadi sebuah audience di Facebook ads, dengan cara meng-upload datanya. Ini adalah jenis audience Facebook Ads yang powerfull dan menjadi favorit saya ketika menjalankan iklan. Mengapa ?
Bayangkan Anda punya 500 email user yang sudah pernah beli produk Anda. Anda upload datanya di Facebook, dan Anda jalankan iklan menawarkan produk terbaru Anda. Bisa dipastikan tingkat konversinya lebih baik dibanding menggunakan broad audience.
Atau misalnya Anda memiliki 300 kontak pelanggan yang sudah pernah menghubungi Anda via chat Whatsapp namun belum melakukan pembelian. Anda bisa meng-upload kontak tersebut untuk kemudian mengingatkan mereka melalui iklan agar membeli.
Cara kerjanya adalah, semua data email / nomor hp yang Anda upload akan dicocokan oleh database Facebook. Email atau nomor hp mana yang terdaftar sebagai user Facebook, maka itulah yang bisa Anda gunakan sebagai target beriklan.
Selain email dan nomor hp, Facebook juga memiliki fitur untuk merekam orang – orang yang sudah pernah masuk ke web Anda, menghubungi Anda, menonton video postingan Anda, dan banyak hal lainnya. Bagaimana caranya ? Dengan menggunakan Pixel.
Yakni sebuah rangkaian kode yang ditanam di halaman tertentu di website Anda, sehingga Facebook bisa merekam aktivitas mereka saat berkunjung, dan memberikan datanya kepada Anda dalam bentuk sebuah kumpulan database pixel = Custom Audience.
Yang lebih hebatnya lagi, Anda juga bisa “menjaring” orang – orang yang sudah menonton video yang Anda iklankan, dengan beberapa opsi filtering. Sangat powerful dan tertarget !
Seperti gambar di atas, ada beberapa fitur custom audience yang tersedia, diantaranya :
2.1. Website
Anda bisa membuat custom audience berdasarkan data orang-orang yang masuk ke web yang sudah direkam Pixel. Bahkan Anda bisa membuat custom audience untuk jenis yang lebih spesifik, misalnya orang-orang yang sudah AddToCart tapi belum bayar.
2.2. Customer List
Anda bisa membuat custom audience dengan cara mengupload database yang Anda miliki. Nanti Facebook yang akan mencari akun-akun user yang sesuai dengan database milik Anda.
Anda bisa mengupload beberapa list. Yang sering digunakan adalah email & nomor hp.
2.3. App Activity
Anda juga bisa membuat custom audience berisi orang-orang yang menggunakan aplikasi Anda. Lebih dalam lagi, Anda bisa membuat sekumpulan audience yang sudah melakukan aktivitas tertentu di dalam aplikasi, misalnya orang yang melakukan pembelian.
2.4. Offline Activity
Bisnis Anda memiliki toko offline ? Anda juga bisa membuat custom audience berdasarkan aktivitas mereka di dunia offline, berdasarkan nomor hp atau dari kanal pemasaran lainnya.
2.5. Video Viewers
Kalau Anda beriklan dengan konten berupa video, Anda juga bisa mengumpulkna orang-orang yang menonton video Anda, membaginya ke dalam beberapa segmen berdasarkan durasi mereka menonton, dan membuat custom audience nya.
Fitur segmentasi yang tersedia antara lain :
- 3 Second video viewers
- 10 Second video viewers
- 15 Second video viewers
- 25% Video viewers
- 50% Video viewers
- 75% Video viewers
- 95% Video viewers
2.6. Instagram Business
Bisnis Anda memiliki akun Instagram ? Anda juga bisa “menangkap” orang-orang yang pernah berinteraksi dengan akun Instagram bisnis Anda, seperti mengunjungi profile, berinteraksi dengan postingan, mengirim pesan, atau menyimpan postingan Instagram Anda. Syaratnya akunnya harus diubah menjadi Business Profile dulu.
2.7. Lead Form
Anda bisa membuat form untuk mengumpulkan database audience seperti email, dan membuatnya menjadi custom audience untuk di retargetting dengan iklan yang lain.
2.8. Events
Di Fanpage Anda bisa membuat event. Nah, orang-orang yang berinteraksi di event tersebut bisa Anda jadikan custom audience, untuk kemudian di iklankan kembali.
2.9. Instant Experience
Di Facebook dan Instagram terdapat fitur Instant Experince. Nah, Anda bisa membuat custom audience dari orang-orang yang berinteraksi di dalamnya.
2.10. Facebook Page
Ini salah satu fitur custom audience yang sudah lama ada. Anda bisa mengumpulkan orang-orang yang like / berinteraksi dengan postingan di Fanpage Anda.
Anda bisa bereksperimen dengan fitur – fitur tersebut. Dan salah satu kegunaan terpenting dari custom audience adalah untuk kebutuhan Retargetting, seperti yang pernah dijelaskan oleh salah satu guru saya di dunia digital marketing, Rianto Astono.
Seperti kita tau, hampir 98% audience yang pertama kali mengunjungi web tidak langsung melakukan pembelian. Untuk itulah diperlukan retargetting ke orang – orang yang sudah pernah berkunjung, untuk mengingatkan mereka kembali agar melakukan pembelian.
Cukup jelas tentang Custom Audience ? Kalau bingung tanyakan di kolom komentar ya. Hal lebih teknis seperti pembuatan Business Manager, mengenal akun iklan termasuk juga pembahasan tentang custom audience akan saya tulis di artikel terpisah.
3. Lookalike Audience
Lookalike dibuat berdasarkan kemiripan data custom audience yang Anda miliki.
Contohnya, Anda memiliki data 300 nomor HP orang – orang yang sudah pernah membeli produk Anda, lalu Anda upload ke Facebook untuk dibuatkan Custom audience. Dari data tersebut, Facebook menyediakan fitur untuk membuat Lookalike nya.
Sederhananya, algoritma akan mencarikan Anda pengguna Facebook yang memiliki kesamaan interest dan behaviour dengan 300 custom audience Anda tadi. Powerfull kan ?
Sesuai gambar di atas, Anda bisa membuat Lookalike audience dari sumber custom audience yang sudah dibuat sebelumnya. Anda bisa memilih lokasi kota / negara audience yang Anda ingin buat, dan Anda bisa mengatur jumlah audience nya, mulai dari 1% hingga 10%.
Terdapat beberapa opsi jumlah audience, untuk mempermudah Anda split testing.
Semakin valid dan banyak data custom audience yang Anda miliki, akan semakin tinggi pula kualitas dan kemiripan Lookalike audience yang bisa dihasilkan oleh algoritma Facebook.
Sehingga, meskipun mereka adalah audience baru yang belum mengenal Anda, setidaknya mereka ( harusnya ) memiliki tingkat konversi lebih baik dibanding broad audience biasa, karena memiliki karakter yang mirip dengan data custom audience Anda.
Kesimpulan
Lalu jenis audience Facebook Ads mana yang paling powerful ?
Secara fungsi, jelas saya akan memposisikan custom audience di posisi pertama. Jenis audience tersebut sudah termasuk ke dalam kategori warm market. Custom audience adalah orang-orang yang sudah pernah berinteraksi dengan produk / brand Anda.
Namun semua jenis audience di atas memiliki keunggulannya masing – masing.
Saat Anda baru pertama kali beriklan, atau sedang merilis brand baru dan belum mengetahui data-data target market secara tepat, Anda bisa melakukan split test pada broad audience, sampai terkumpul data yang cukup, lalu dijadikan custom audience.
Data custom audience bisa dimanfaatkan untuk remarketing. Atau jika Anda ingin scale up budget iklan agar menjangkau lebih banyak orang, lebih baik membuat Lookalike audience dari custom audience yang sudah ada. Dengan begitu, audience jadi lebih tertarget.
Lihat, setiap jenis audience ternyata memiliki peranan & keunggulan masing-masing. Selain itu, Anda juga perlu memahami objective campaign yang tepat agar penggunaan audience menjadi lebih optimal dan mencapai target hasil iklan yang diinginkan.
Dari 3 jenis audience Facebook Ads di atas, saya yakin Anda sudah memiliki banyak ide dan strategi untuk mengoptimasi iklan Anda agar menjadi lebih baik, dan terjadi peningkatan konversi penjualan. Jadi, mari eksekusi iklan terbaik Anda.
Assalammualaikum kang
Saya kira yg namanya broad audience itu gak ada data apa2 di bagian adset nya seperti interest,usia , lokasi dan lainnya.
Kalo yg seperti di atas namanya apa ya yg gak pake data samasekali?
Semoga di jawab kang , makasih banyak ilmunya
Kalo gak diisi apa2 ya no targetting namanya
Kalau untuk retargeting landing pagenya sama dengan iklan sebelumnya atau beda mas? Kalau beda boleh dong buat artikel soal cara buat landing page untuk iklan retargeting mas hehe..
Idealnya berbeda, jd offer di LP retargetting disesuaikan dengan offer di iklannya. Jadi lebih relevan.
siang mas Alief, untuk target audience nya produk madu mas Alief pakai tools sejenis adsumo atau manual mas ? kalo pakai tools boleh dong kasih reviewnya, hehe.
terima kasih banyak
Saya pakai Adsumo kak. Kalau tau cara pakainya akan optimal hasilnya. Jadi yg penting bukan tool nya, tp mindset & metode risetnya yg harus kuat, hehe.
Mas saya mau tanya , custom audience saya size nya ” tidak tersedia” , apakah karena masih sedikit audiencenya ?
Terimakasih
Iya, karena masih dibawah 1.000
Mas saya ingin bertanya
1. Mengapa hasil promoted IG melalui tombol promoted di feed ig mendapatkan interaksi dan penjualan yg tinggi, follower pun bertambah banyak, Sedangkan saya bru coba menggunakan fitur bisnis Facebook ads manager promosi melalui cara traffic tidak ada satupun konsumen yg datang? (Catatan : jualan produk hanya via Instagram, fb sebagai media penghubung saja)
2. Apa alasan hasil konversi nol sebelum iklan diterbitkan? Sumber konversi berasal dri profil IG instagram. (CA kurang dri 1000 size 650 rb)
3. Apa diharuskan berjualan di FB juga, mengingat slama ini lebih menguntungkan berjualan di IG (catatan : produk yg dijual :fashion wanita/ hijab)
1. Banyak faktornya. Promoted dari IG itu cara instant. Tapi punya banyak keterbatasan kalau sudah ngerti cara beriklan. Beriklan lewat ads manager itu lebih cocok utk yg sudah ngerti cara ngiklan, riset targetting dll. Kalau blm ngerti, hasil iklannya ya akan jelek, ga optimal.
Jangan terlalu pusing dengan tools. Mana yg hasilkan penjualan tinggi, itu yg difokuskan.
2. Saya kurang paham pertanyaannya.
3. Tidak ada yg mewajibkan seseorang utk jualan di FB. Semua pilihan masing2 pebisnis. Merasa di IG udah laris jd ga perlu capek2 jualan di FB ? Sah saja. Merasa di IG sudah laris dan ingin memperluas jangkauan pasar dengan mencoba di FB ? Sah juga. Tergantung bagaimana pola pikirnya.
Oke trmksh banyak jawabannya
Oiya kalo CA size 650 rb bagus ga? LLA nya 1,8 juta yg 1% (sumber data dri profil IG bisnis yg saya punya)
Bagus seharusnya dari segi kuantiti, udah super banyak.
Hallo mas… assalamualaikum
#tanya
pertama kali ngiklan, manakah yang lebih efektif dalam targeting mas?
melalui audience insight atau adset
Wa’alaikumsalam,
Audience insight itu tool buat beriklan. Adset itu komponen di dalam iklan FB. Jadi bukan dibandingkan audience insight atau adset.
Risetnya ya di audience insight ( atau pake tool lain kalau punya, misalnya Adsumo ). Data audience hasil riset dimasukkan ke Adset. Begitu.
Selamat Sore, Mas kalau ada jadwal pertemuan di darat, kabarin ya, mau belajar FB ads dan lain lain dari 0, kalau baca banyak salahnya saya sudah praktek tapi salah aja he he he, saya di bandung kontak dan WA 085210581717
Untuk sementara ini blm ada rencana mas
Apa gak semua akun bisa bikin custom audience via nomor HP ya mas? Kok tampilannya beda sama yg njenengan tampilkan di atas: prnt[dot]sc/s7qmcg
Nah saya baru alami tuh mas, di bagian Daftar Pelanggan kok ngga bisa di klik gitu. Akun baru kah ?
MAs, lookAlike Audience hanya di bisa di isi NEGARA ya( Indonesia), bagaimana cara isi nama kota ( Jakarta) misalnya
Iya hanya negara. Tinggal masukkan aja ke Adset, di Adset kan bisa atur kota.
Mas rizki, gimana kabarnya..
Artikel nya oke banget.. Salam 7- 8 maret di k-link
Haha, Alhamdulillah kabar baik mas. Malah ketemu lagi disini.
Halo mas alief, mau tanya apa ada tools khusus ngk mas untuk mempermudah kaya membuat kelompok interest audience yang mau kita sasar. Atau kalo sekiranya ngk ada, cara mudahnya bagaimana ya mas? Trmksh
Ketika setup targetting di Adset, kan ada tombol utk save audience mas. Di save aja. Jadi saat akan menggunakannya lagi, tinggal ambil dari saved audience.
Baik mas trmksh.. mau tanya lagi mas alief..
kalo kita mau scale out, kita kan tinggal copy ads set yg winning ke campaign baru ya mas? terus copyan ads di campaign baru itu materi iklannya dibiarkan sama plek ketiplek atau harus di rubah kaya gambar dan ads copy nya? Trmksh
Tergantung kebutuhan. Kadang saya edit image nya, kadang headline nya, kadang malah Adsetnya diubah dikit. Intinya jangan sama persis, karena itu ga baik utk user experience, dan bisa menyebabkan masalah ( iklan disapproved, akun disabled, banned, dll )
kalau diedit seperti itu nantinya masuk ke pengayaan data lagi gak mas ?
Iya mas, kan duplikat ke campaign baru
Haloo Mas Alief samal kenal,
Mau tanya mas, skrng FB ADS di Audience sudah ada tambahan tool “Special Audience”. Apa yg membedakan dari tool audience dengan yg sebelumnya?
Thank You
Audience atau Audience Insight ? Di sebelah mana ya “special audience” yg dimaksud ? Saya kok blm nemu.
ma’af mas mau tanya metrik apa aja yg penting yg harus di perhatikan dalam menentukan ad set yg bagus?dalam objektiv interaksi,dan berapa angka yg bagus itu dan terdapat pada kolom apa?mohon penjelasan nya,saya masih bingung menentukan adset yg bagus ngliat nya angka hasil yg mana?hatur nuhun kang
Baca artikel saya yang berjudul “cara membaca data iklan” dijelaskan tentang metriks-metriks penting disana.
Asalamu’alaikum mas,ma’af mau tanya kalau kita blm menggunalan web apa bisa kita menggunakan objektiv conversion?
mohon penjelasan nya terima kasih
Wa’alaikumsalam. Jawaban simple nya tdk bisa mas, karena Conversion membutuhkan Pixel. Pixel diletakkan di dalam web.
Assalamulaikum Kang Alief,
Kalo mau bikin split test apa harus bikin di tempat yang FB sediakan atau kita beriklan seperti biasa tapi bikin 2 atau 3 Iklan sekaligus sebagai pembanding, kemudian kita lihat mana Iklan yang bisa di duplikat atau scale up. Nuhun
Wa’alaikumsalam. Saya biasanya bikin seperti biasa saja. Bikin beberapa Adset dan beberapa Ads dalam 1 campaign CBO.
Kalau nomor kontak yang di masukan ke custom audiens
62, +62, atau 08 ?
Bisa 62 atau +62
mas saya mau tanya , custom audience saya ukuran/size nya ” tidak tersedia” .
itu kenapa ya ?
Karena jumlahnya di bawah 100 biasanya mas.
Selamat malam mas alief
untuk ikan menggunakan no hp apakan nanti akan disediakan template khsusu supaya bisa di upload ke custom audience..?
Terima kasih
Malam mas. Ngga ada template khusus. Cukup upload listnya di notepad, save format txt.
siang mas alief … salam kenal
dijelaaskan di atas ada 3 audience fb, save, custom & LLA
1 kalau saya belum pernah iklan di fb bearti saya harus pakai type save audience ?
2 karena saya blm punya data org2 yang mengunjungi web, type audience saya bagaimana? buat save dulu atau bisakah kita langsung membuat costum audience
setelah saya iklan dgn save audience, bisakah data hasil save audience kemudian dikonversi dan dijadikan custom audience
terima kasih
Salam kenal ya.
1. Yap bisa pakai saved audience dulu
2. Pakai saved audience dulu. Kecuali punya aset seperti list nomor telp, email, bisa langsung buat custom audience.
Data visitor hasil beriklan menggunakan saved audience bisa dijadikan custom audience, dengan syarat sudah terpasang kode pixel di web, utk merekam data pengunjung.
Jadi tinggal buat custom audience dari pixel.
Saya bingung untuk narget org kerja mas, pas saya cari di employe hanya ada beberapa ribu audiancs aja. Sarannya gmn mas untuk mengincar karyawan biasa ?
Coba diperluas sudut pandang penglihatannya. Menargetkan orang yg tinggal di Jkt dengan usia 25-35 jg kemungkinan besar mereka adalah pekerja kan ? Jadi targetting semacam itu layak dicoba.
Atau menargetkan job title, itu jg kemungkinan besar para pekerja kan. Jadi tidak kaku, kalau mau menargetkan orang kerja, berarti cari di bagian employee. Tidak harus selalu begitu.
Ada banyak kombinasi targetting yg bisa dilakukan.
Ok.. terima kasih mas Alief
Siapp sama2 mas.
Hi mas Alief, salam kenal
Kalau buat detail targetting itu bagusnya pilih yg interest saja, atau pilih juga yg demoghrapics dan behaviors juga sekaligus?
Hi mas Eko,
Demografi awal wajib di setup ( usia & gender ). Utk targetting bisa interest saja, bisa behaviour saja, bisa demografi saja, bisa di gabung ketiganya. Ngga ada yg salah.
Berbeda produk akan berbeda hasil, berbeda cara targetting jg berbeda hasil. Sangat dinamis.
Jadi baiknya di coba semuanya mas, alias split test.
Mas saya upload copy no hp saja ke customer file koq ga bisa ya?
Apa sekarang fb ads sdh beda ya?
Saya ngga tau ngga bisanya karena apa, jadi saya jg ngga bisa kasih solusi.
Mas,
Saya punya CA dari VC (ribuan audience) dan udah dibuat LLA.
1. Apakah sudah bagus untuk di scale up optimasi ATC
2. Campaign dengan 1 adset 1 ads kira2 performanya lebih bagus mana daripada 1 adset dg banyak ads
3. Audience LLA apakah masih perlu disetting lagi interest, demografi, dll
Pertaannya banyak hehehe
Hi mas Adi,
1. Dicoba saja mas, tdk ada standard bagus / ngga. Beda audience beda karakter. Belum lagi faktor konten Ads juga mempengaruhi bagus / tidaknya iklan. Jadi banyak faktor. Untuk tau secara pasti adalah dengan cara dicoba.
2. Lebih bagus banyak Ads. Algoritma Fb bisa mengoptimalkan Ads yang paling banyak dapet engagement / klik.
3. Kalau saya masih di setting tapi General aja, ngga detail.
oh gt mas. soalny sy liat di artikel mana gtu klo mw bagus utk pengunjung web minimal 1000. video watch 5000. cust list jg 1000. klo hrs nunggu segitu kelamaan banget ya mas
Kan yang ditanyakan “minimal brp yg harus di input”, 100 pun sudah bisa di input mas, hehe. Kalau ditanya bagusnya berapa, artikel-artikel itu ngga salah kok. Standard tiap advertiser beda-beda.
Kalau saya, minimal 400-500 baru mulai di buat CA.
mas untuk membuat CA cust list no whatsapp minimal harus ada brp no whatsapp yg diinput? klo untuk pengunjung web view content minimal brp? add to cart minimal brp? klo video watch 75%-95% minimal brp ya ?? mohon jawabannya ya mas
Minimal 100 sudah bisa mas. Makin banyak makin bagus.