Malam ini live sesi 2 Performance Marketing Bootcamp, bahas metrics & KPI.
Sebelum cerita soal malam ini, saya mau flashback sedikit aktivitas minggu lalu.
Jadi, selain live class hari pertama, ada juga modul-modul PDF dan video rekaman yang perlu saya baca dan ditonton.
Tentu saja biar saya paham, dan yang lebih penting : supaya bisa ngerti dan ngerjain tugas.
Dalam 1 minggu ada 1 modul dan 1 tugas.
So, di minggu lalu, selain live class bahas Intro to Performance Marketing, saya juga belajar funnel mapping, landing page strategy, bikin brief buat creative asset, dan beberapa hal lainnya.
Puncaknya adalah assignment modul 1 dan post test.
Alhamdulillah, nilai post-test 100, tapi kalo tugas agak kurang pede, karena ngerjainnya pas injury time (minggu lalu ada beberapa kegiatan yang berbarengan).
Tapi yaudah, yang penting udah dikerjain semaksimalnya, udah dikumpulin.
So far menyenangkan. Pembelajarannya padat tapi terarah, memaksa saya untuk belajar & memahami. Tinggal saya sendiri aja, mau konsisten apa gak belajar dan ngerjain tugas-tugasnya.
Oke, back to hari ini.
Pembahasan hari ini cukup teknis, padahal baru bahas metrics, blom bahas soal iklannya.
Yang dibahas seputar tipe metrics (numbers, ratio, percentage, cost), apa aja key metrics di performance marketing yang dibedah berdasarkan marketing funnelnya (awareness, traffic & conversion), sampai ke berbagai case study.
Hhmm . . .
Buat saya yang seorang digital marketer “jalanan”, yang taunya ngiklan yang penting profit dan saat boncos bingung harus ngapain wkwkwk, ikutan bootcamp ini, lumayan mindblowing.
Secara keseluruhan konsep saya ngerti. Tapi secara detail, ternyata :
- Banyak yang sebenarnya udah saya lakuin, tapi gak gitu ngerti urutannya, atau asal mulanya.
- Banyak hal detail tapi fundamental, dan ini selalu saya skip, karena konsep marketing “jalanan” yang penting profit.
But, no problem.
Salah satu tujuan saya ikutan Bootcamp ini, selain alesan yang udah disebut di tulisan sebelumnya, juga : biar saya ngerti “cara main” profesional performance marketer di korporasi.
Mulai dari funnel mapping, media planning, eksekusi hingga reporting.
Wawasan ala imers yang saya punya, kalo di combine dengan corporate-based rule of game, kayaknya akan bagus hasilnya. Saya jadi tau step-by-step konsepnya, tapi tetap taktis dan banyak siasat khas temen2 imers, hehe.
Tugas minggu 2 cukup menantang, deadline Jumat 7 Feb jam 6 sore.
Let see, semoga bisa dikerjain secara maksimal & ontime.